Welcome

Rabu, 24 November 2010

30 KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Diposting oleh Lost Good Thing

1. AFTA (Asean Free Trade Area)
AFTA merupakan kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara.
Tujuan didirikannya AFTA antara lain :
1. Meningkatkan investasi diantara negara-negara anggota ASEAN.
2. Meningkatkan kawasan perdangangan dan sosialisasi diantara negara-negara anggota ASEAN.

2. UNDP ( United Nation Development Program)
UNDP Adalah badan dibawah PBB yang bertugas membiayai berbagai program pembangunan di negara berkembang. Negara anggota adalah Amerika Serikat, Canada, Inggris, Denmark, Prancis, Dan Belanda.

3. IBRD (Internatioanl Bank of Recontruction and Develompment)
IBRD disebut juga Bank Dunia ( World Bank) yang dibentuk tahun 1994 di AS. Tujuan IBRD adalah membantu negara-negara yang sedang membangun melalui pemberian pinjaman jangka panjang.

4. ADB (Asian Devolepment Bank)
ADB adalah Bank pembangunan asia, yang bertugas untuk mengumpulkan modal maupun berupa saham-saham dari negara-negara anggota dan digunakan untuk memberi bantuan kepada anggotanya berupa pinjaman dan bantuan kredit.

5. IDA (Internasional Devolepment Associstion)
IDA adalah organisasi pembangunan internasional yang bertujuan memberikan bantuan/kredit untuk pembangunan negara-negara berkembang.

6. WTO (World Trade Organisation)
Tugas dan fungsi WTO adalah menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan perdangangan bebas yang akan dimulai di berlakukan di dunia tahun 2010.

7. GATT (General Agreeament on Tarrif and Trade)
GATT adalah kesepakatan umum tentang tarif dan perdagangan. Tujuannya adalah menghilangkan hambatan dibidang perdagangan.

8. ECOSOL (Economic and Soridcouncil)
ECOSOL atau dewan ekonomi dan sosial merupakan organisasi dibawah PBB , yang bertujuan mempertinggi taraf hidup, mengembangkan ekonomi , sosial, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan serta menjamin hak-hak asasi manusia.

9. APO (Asia Productivity Organisation)
APO adalah organisasi produktivitas Asia, yang bertujuan meningkatkan produktivitas di negara-negara Asia terutama produktivitas di bidang pertanian dan perindustrian. Organisasi ini berrpusat di Jepang dan anggotanya Pakistan, Hongkong, dan Singapura.

10. ITO (Internasional Trade Organization)
adalah organisasi perdagangan internasional dibawah naugan PBB. Tujuan ITO adalah berusaha untuk memajukan Perdagangan internasional.

11. ILO (Internatioanal Labour Organizatiaon)
ILO adalah organisasi buruh sedunia, yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi kerja, mengatur standar upah internasional, hak dan kewajiban buruh dan meningkatkan kesejahteraan buruh.

12. FAO (Food Agricultural Organisation)
FAO adalah organisasi pangan dan pertanian di seruluh dunia. Tugas dan tujuan utama FAO adalah meningkatkan persediaan bahan pangan dan produk pertanian baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

13. WHO (world Health Organisation)
WHO adalah organisasi kesehatan dunia. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengusahkan kesehatan bagi seluruh masyarakat dunia.

14. APEC (Asia Pacific Economic Coorperation)
APEC merupakan forum kerja sama ekonomi negara-negara di Asia Pasifik, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi diantara negara-negara anggota dengan prinsip saling menguntungkan terutama di bidang ekonomi dan investasi.

15. OPEC (Organisation of Petrolium Exporting Countries)
OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak di dunia yang didirikan oleh 5 negara yaitu Saudi Arabia, Kuwait, Iran, dan venezuela. Tujuannya antaraa lain:
a. Menjaga stabilitas harga minyak dipasarkan internasional.
b. Menghindari persaingan di antara negara anggota OPEC
c. Mengusahakan agar kebutuhan minyak dunia terpenuhi.

16. CGI (Consultative Group On Indonesia)
CGI adalah organisasi negara-negara yang bertujuan membantu pembangunan negara Indonesia, khususnya di bidang ekonomi. Negara anggota CGI adalah Jepang, AS, Inggris, Australia, Austria dsb.

17. ASEAN ( Association of South East Asian Nation)
ASEAN adalah suatu bentuk kerja sama dikawasan Asia Tenggara pendirinya Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Philipina. Saat ini anggota ASEAN ada 10 negara yakni ditambah dengan Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar dan Laos serta Kamboja. Tujuan ASEAN adalah :
a. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial dan kebudayaan di Asia Tenggara.
b. Mewujudkan terciptanya perdamaian dan kestabilan di kawasan Asia Tenggara.
c. Menciptakan kerja sama yang efektif dibidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

18. IFC ( Internasional Financial Coorperation)
IFC adalah kerja sama keuangan internasional yang bertujuan memberikan bantuan permodalan kepada pihak swasta terutama di negara-negara berkembang.

19. IMF (International Monetery Found)
IMF atau Dana moneter internasional bertujuan :
1. Membantu negara-negara anggota untuk mengatasi defisit neraca pembayaran luar negeri.
2. Memajukan kerja sama moneter internasional.
3. Mengusahakan kestabilan nilai kurs.
4. Memberikan bantuan kredit.

20. MEE ( Masyarakat Ekonomi Eropa)
MEE adalah organisasi bersifat regional yang wilayah kerjanya meliputi kawasan Eropa Barat. Anggota MEE antara lain Jerman, Prancis, Inggris, dsb.
Tujuan MEE Adalah:
a. Meningkatkan kerja sama dalam bidang ekonomi dengan memberi bantuan keuangan kepada negara anggota yang pertumbuhan ekonominya rendah.
b. Meningkatkan taraf hidup masyarakat Eropa.
c. Meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dengan menghapus bea masuk dari negara-negara Eropa.

21. UNESCO (United Nations Education Scientific and Cultur Organisation)
UNESCO merupakan organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB. UNESCO bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta kebudayaan bagi masyarakat dunia.

22. UNICEF (United Nation International Childrens Emergency Fund)
UNICEF adalah orgnisasi Yang berada di berada dibawah naungan PBB. Tujuannya untuk menyediakan dana darurat PBB untuk anak-anak internasional.

23. EFTA (European Free Trade Area)
EFTA merupakan kawassan perdagangan bebeas di Eropa. Tujuannya yakni menciptakan kawasan perdagangan bebas di Eropa serta meningkatkan kegiatan perdagangan di kawasan tersebut.

24. NAFTA (North American Free Trade Agreement)
NAFTA adalah kawasan perdagangan bebas di kawassan Amerika Utara.Tujuannya untuk menciptakan kawasan perdagangan bebas di Amerika utara serta menciptakan iklim perdagangan bebas yang kondusif.

25. IDB ( International Devolepment Bank)
IDB adalah bank pembangunan internasional bertujuan untuk memberikan bantuan kepada anggota berupa pinjaman dan bantuan kredit.

26. UNIDO ( United Nation Industrial Devolepment Organisation)
UNINDo di dirikan di Vietnam tahun 1967 dan bertujuan memajukan perkembangan industri di negara berkembang. Antara lain dengan bantuan teknis, program-program latihan, penelitian, dan penyediaan informasi.

27. UNCTAD ( United Nation Conference on Trade and Devolepment)
UNCTAD atau konfrensi PBB untuk perdegangan dan pembangunan, didirikan oleh majelis umum PBB untuk kepentinagan negara-negara berkembang perhatian utamanya adalah dengan memberikan bantuan ekonomi.

28. ECAFE ( Economic Community for Asia and The For East)
ECAFE merupakan himpunan atau organisasi dalam bidang ekonomi tujuannya untuk menciptakan kestabilan dan peningkatan perekonomian bagi negara anggota.

29. ICSID ( International Centre for Statement of Investment Disputis )
ICSID bertujuan untuk meningkatkan investasi di antara negara-negara anggota.

30. BIS ( Bank for International Statement)
BIS adalah badan internasional yang memberi bantuan negara-negara yang memerlukan dalam bentuk kredit.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sip tapi + lagi dong seperti singkatan MEA AFTA WTO SERTA YANG lainnya seputar perdagangan baik maksud dan tujuan dari masing masing perjanjian

Unknown mengatakan...

Makasih yahhh😊

Posting Komentar