Welcome

Kamis, 16 Desember 2010

Enam Kecerdasan Manusia

Diposting oleh Lost Good Thing

Pada era konseptual, kita perlu melengkapi penalaran yang diarahkan otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan. Secara bersama-sama, enam kecerdasan high concept, high touch ini dapat membantu mengembangkan sebuah pikiran yang benar-benar baru dituntut oleh era baru ini.

1.       Tidak hanya fungsi tetapi juga DESAIN. Tidaklah lagi memadai untuk menciptakan sebuah produk, jasa, pengalaman, atau gaya hidup yang semata-mata fungsional. Saat ini adalah saat yang secara ekonomi penting dan berharga secara personal untuk menciptakan sesuatu yang juga indah, sedikit fantastis, dan menarik secara emosional.

2.       Tidak hanya argumen namun juga CERITA. Ketika kita hidup penuh dengan informasi dan data, mengumpulkan argumen yang efektif tidaklah memadai. Seseorang entah dimanapun juga pasti akan menemukan suatu yang berbeda untuk membantah maksud kita. Esensi dan persuasi, komunikasi dan pemahaman diri telah menjadi suatu kemampuan juga untuk menciptakan suatu kisah yang menarik.

3.       Tidak hanya fokus tetapi juga SIMPONI. Banyak dari era-era industri dan informasi membutuhkan fokus dan spealisasi. Namun ketika pekerjaan kerah putih dialihkan ke Asia dan direduksi ke dalam software, ada sebuah penghargaan terhadap kecerdasan sebaliknya: menggabungkan bagian-bagian, atau apa yang saya sebut simponi. Apa yang menjadi permintaan terbesarsaat ini bukanlah analisa namun sintesa- melihat keseluruhan perspektif, melintasi batasan-batasan, dan dapat mengkombinasikan bagian-bagian terpisah kedalam satu kesatuan baru yang mengesankan.

4.       Tidak hanya logika tetapi EMPATI. Kapasitas untuk pemikiran yang logis adalah salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia. Namun dalam sebuah dunia yang penuh dengan informasi yang menyebar dan alat-alat analitis yang maju, logika sendiri tidaklah bisa. Apa yang akan membedakan mereka yang berkembang dengan cepat boleh jadi kemampuan mereka untuk memahami apa yang membuat teman laki-laki atau perempuan bergerak, untuk mempererat hubungan dan peduli pada orang lain.

5.       Tidak hanya keseriusan namun juga PERMAINAN. Bukti yang cukup menunjukkan kepada kesehatan yang besar dan keuntungan-keuntungan profesioanal dari ketawa, bersikap tenang, permainan, humor. Tentu saja, ada saatnya untuk serius. Namun begitu banyak keseriusan mungkin tidak baik juga untuk karir kita dan buruk lagi bagi kesejahteraan kita. Dalam ere konseptual, dlam pekerjaan dan kehidupan, kita semua perlu bermain.

6.      Tidak hanya akumulasi tetapi juga Makna. Kita hidup dalam sebuah dunia yang berisi kelimpahan materi yang menarik. Itu telah membebaskan  ratusan orang juga orang dari perjuangan sehari-hari dan membebaskan kita untuk mengerjar kesenangan-kesenangan yang lebih bermanfaat: tujuan, transendensi, dan pemenuhan spiritual.

Desain, cerita, Simponi, Emapati, Permainan, dan Makna. Enam kecerdasan ini akan membimbing kehidupan kita dan membentuk dunia kita. Tantangannya adalah mengerjakannya kembali kepada bentuknya yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar