Welcome

Rabu, 14 November 2012

Karakteristik Pembelajaran Kooperatif

Diposting oleh Lost Good Thing


Karakteristik pembelajaran kooperatif diantaranya: 

a. Siswa bekerja dalam kelompok kooperatif untuk menguasai materi akademis. 

b. Anggota-anggota dalam kelompok diatur terdiri dari siswa yang berkemampuan  rendah, sedang, dan tinggi. 

c. Jika memungkinkan, masing-masing anggota  kelompok kooperatif berbeda suku,  budaya, dan jenis kelamin. 

d. Sistem penghargaan yang berorientasi kepada kelompok daripada individu. 


Selain itu, terdapat empat tahapan keterampilan kooperatif yang harus ada dalam  model pembelajaran kooperatif yaitu: 

a. Forming (pembentukan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk  kelompok dan membentuk sikap yang sesuai dengan norma. 

b. Functioniong (pengaturan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur  aktivitas kelompok dalam menyelesaikan  tugas dan membina hubungan kerja sama  diantara anggota kelompok. 

c. Formating (perumusan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk pembentukan  pemahaman yang lebih dalam terhadap bahan-bahan yang dipelajari, merangsang  penggunaan tingkat berpikir yang lebih tinggi, dan menekankan penguasaan serta  pemahaman dari materi yang diberikan. 

d. Fermenting (penyerapan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk merangsang  pemahaman konsep sebelum pembelajaran,  konflik kognitif, mencari lebih banyak  informasi, dan mengkomunikasikan pemikiran untuk memperoleh kesimpulan

0 komentar:

Posting Komentar