Welcome

Senin, 05 November 2012

pengertian fungsi pendidikan

Diposting oleh Lost Good Thing


Pada hakekatnya fungsi pendidikan adalah  untuk mengembangkan kemampuan serta  meningkatkan mutu kehidupan dan martabat  manusia. (Undang–Undang Nomor 20 Tahun  2003).  Siswa sebagai subjek belajar, memiliki potensi dan karakteristik unik, sangat  menentukan keberhasilan pendidikan.  Kemampuan dan kesungguhan siswa merespon  pengetahuan, nilai dan ketrampilan mempunyai  andil yang besar dalam keberhasilan belajar.

Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi  oleh banyak hal yang sangat kompleks, yaitu  siswa, sekolah, keluarga dan lingkungan  masyarakat. Untuk menghasilkan siswa yang  berkualitas dan berprestasi, perlu adanya  optimalisasi seluruh unsur tersebut.


Tugas guru membantu siswa mencapai  tujuannya, maksudnya guru lebih banyak  berurusan dengan strategi daripada memberi  informasi, tetapi justru siswa yang aktif mencari  informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai  sebuah tim yang bekerja bersama untuk  menemukan sesuatu yang baru bagi anggota  kelas (siswa). 
Guru juga dapat mengembangkan iklim komunikasi di kelas selama pembelajaran  berlangsung. Iklim komunikasi yang dimaksud adalah adanya umpan balik interaktif antara  guru dan peserta didik. Dengan demikian, siswa akan mampu memberikan respon balik terhadap materi pembelajaran secara aktif, tidak  harus menunggu informasi dari guru. 




0 komentar:

Posting Komentar