Welcome

Rabu, 15 Desember 2010

Pendekatan-Pendekatan Dalam Psikologi

Diposting oleh Lost Good Thing

Pendekatan Biologi

Pendekatan biologi (biological approach) memusatkan pada tubuh, terutama otak dan sistem saraf. Kemajuan teknologi dalam pencitraan otak memungkinkan peneliti psikologi menyelidiki otak dengan segala kompleksitasnya.

Pendekatan Behavioristik

Pendekatan behavioristik (behavioral approach) menekankan kajian ilmiah mengenai berbagai respon perilaku yang dapat di amati dan penentu lingkungannya. John B. Watson dan B. F. Skinner merupakan ahli behavioristik awal yang penting.

Pendekatan Psikodinamika

Pendekatan psikodinamika (psychodyamic approach) menekankan pikiran ketidaksadaran, konflik antar naluri biologis dan tuntutan masyarakat, pengalaman keluarga dini. Sigmun Freud merupakan pendiri pendekatan psikodinamika.

Pendekatan Humanistik

Pendekatan humanistik (humanistic approach) menekankan kapasitas seseorang untuk pertumbuhan positif, dan kebebasan untuk memilih takdir apapun dan kualitas-kualitas positif.

Pendekatan Kognitif

Pendekatan kognitif (cognitive approach) menekankan pada proses-proses mental yang terlibat dalam mengetahui. Psikologi kognitif mempelajari perhatian, berfikir, memecahkan masalah, mengingat dan belajar.

Pendekatan Evolusioner

Pendekatan evolusioner (evoluntionary approach) menekankan pentingnya adaptasi, reproduksi, dan "yang mampu bertahan hidup adalah mereka yang mampu menyelaraskan dengan diri dengan lingkungan hidupnya"("survival of the fittest).

Pendekatan Sosial Budaya

Pendekatan sosial budaya (sociocultural approach) memusatkan pada penentu sosial dan budaya dari perilaku. Pendekatan ini mendorong kita untuk memperhatikan cara perilaku dan proses mental kita melekat dalam suatu konteks sosial.




0 komentar:

Posting Komentar