Welcome

Selasa, 06 November 2012

Evaluasi Kebijakan

Diposting oleh Lost Good Thing


Kebijakan yang telah dirumuskan dan  dimplementasikan, perlu di evaluasi. Ruang  lingkup evaluasi kebijakan meliputi evaluasi  perumusan, implementasi, lingkungan dan  evaluasi kinerja. 

Evaluasi perumusan  formulasi kebijakan berkenaan dengan yaitu: 

(1) penggunaan pendekatan yang sesuai dengan masalah yang hendak diselesaikan, 

(2) mengikuti prosedur yang diterima secara bersama

(3) pendayagunaansumberdaya yang optimal. 


Teknik yang  dipakai dalam evaluasi ini adalah modelmodel perumusan formulasi kebijakan  seperti yang telah diuraikan di atas. Evaluasi implementasi kebijakan  dimaksudkan untuk melihat kesesuaian  antara jenis kebijakan yang harus  diimplementasikan dan metode  implementasi yang tepat.  Untuk maksud  tersebut maka evaluasi implementasi  kebijakan dapat menggunakan panduan  matriks ambiguitas-konflik. Sebagai contoh,  untuk konteks Indonesia, implementasi  kebijakan kewargaan misalnya kartu penduduk dapat dilakukan dengan metode atau pendekatan administratif. 

Implementasi  kebijakan biaya pendidikan dapat  dilaksanakan dengan menggunakan  pendekatan politik. Kebijakan  penanggulangan kemiskinan lebih tepat diimplementasikan metode eksperimen.  Kebijakan gender lebih efektif  diimplementasikan dengan metode simbolik. Evaluasi lingkungan kebijakan publik  terbagi dalam dua fokus yaitu evaluasi  lingkungan formulasi kebijakan dan evaluasi  lingkungan implementasi kebijakan.  lingkungan formulasi kebijakan  menghasilkan sebuah deskripsi bagaimana  lingkungan kebijakan dibuat dan kenapa  kebijakan seperti itu. Sedangkan evaluasi  lingkungan implementasi kebijakan  berkenaan dengan faktor-faktor lingkungan  apa saja yang membuat kebijakan gagal atau berhasil diimplementasikan.

Berkaitan dengan evaluasi kinerja  kebijakan dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran pencapaian suatu kebijakan  dibandingkan dengan target atau rencana  pencapaian yang diharapkan. Metode yang  dapat dipergunakan dalam evaluasi ini  adalah analisis kesenjangan.

0 komentar:

Posting Komentar