Welcome

Selasa, 06 November 2012

Jenis- Jenis Model pembelajaran yang humanistic

Diposting oleh Lost Good Thing


Model pembelajaran yang humanistic antara lain ( Darmiyati Zuchdi 2008: 27):

1. humanizing of the classroom, kelas ini dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah  yang otoriter, tidak manusiawai, sehingga membuat peserta didik putus asa yang  akhirnya mengakhiri hidupnya alias bunuh diri. Pendidikan model ini bertempu  pada 3 hal: menyadari diri sebagai suatu proses pertumbuhan yang sedang dan  akan terus berubah, mengenali konsep dan identitas diri, dan menyatupadukan  kesadaran hati dan pikiran. Perubahan ini dilakukan tidak terbatas pada sub tansi  materi saja, tetapi lebih penting pada aspek metodologis yang dipandang sangat  manusiawi.

2. active learning; model pembelajaran ini adalah bahwa belajar bukan merupakan  konsekuensi otomatis dari penyampaian informasi kepada siswa karena  membutuhkan keterlibatan mental dan tindakan sekaligus. 

3. quantum teaching; pembelajaran yang berusaha mengubah suasana belajar yang  monoton dan membosankan kedalam suasana belajar yang meriah dan gembira  dengan memadukan potensi fisik, psikis dan emosi siswa menjadi suatu kesatuan  kekuatan yang integral.

4. the accelerated learning; merupakanpembelajaran yang dipercepat. Konsep  dasar dari pembelajaran ini adalah bahwa pembelajaran itu berlangsung secara  cepat, menyenangkan, dan memuaskan. Cara ini menyatukan unsur-unsur yang  sekilas tampak  tidak mempunyai persamaan, tampak tidak mempunyai  persamaan, misalnya hiburan, permainan, warna, cara berpikir positif, kebugaran  fisik dan kesehatan  emosional. Namun semua unsur ini bekerja sama untuk menghasilkan pengalaman belajar yang efektif.

0 komentar:

Posting Komentar