Welcome

Selasa, 06 November 2012

KEBIJAKAN PENDIDIKAN: PENDEKATAN FILSAFAT MORAL DAN EKONOMI POLITIK

Diposting oleh Lost Good Thing



Untuk menjawab permasalahan  kebijakan pendidikan  bagian dari kebijakan  publik atau kebijakan pendidikan sebagai  kebijakan  publik yang telah dikemukakan  sebelumnya,  akan dimulai dengan teladan   penerapan kebijakan pendidikan di  Kabupaten Jembrana. Namun sebelum kasus  ini dijelaskan, terlebih dahulu akan  disampaikan proses kebijakan publik sebagai  pengantar teoetis memahami perumusan,  implementasi dan evaluasi kebijakan yang  terjadi di Jembrana. Setelah kasus Jembrana  dipaparkan, kemudian ditindaklanjuti  analisis dengan pendekatan filsafat moral  dari Tilaar. Untuk memperluas perspektif 
pemahaman tentang kebijakan pendidikan  dan kebijakan publik maka digunakan pula  pendekatan  teori  ekonomi politik pendidikan. 

Pendekatan ekonomi politik berbeda  dengan pendekatan filsafat moral, kalau  pendekatan filsafat moral lebih fokus pada  hakikat manusia sebagai suatu tujuan yang  hendak dicapai oleh kegiatan pendidikan  dan politik, maka pendekatan ekonomi  politik lebih tertuju pada hakikat pendidikan  sebagai barang atau jasa yang dikonsumsi  untuk memuaskan konsumernya. Oleh  karena itu pendekatan ekonomi politik  pendidikan masih belum lumrah digunakan  (Rosidi, 2008), maka model ini menjadi  sebuah piranti analisis kritik kebijakan  pendidikan yang bermanfaat untuk mencari  tahu posisi kedudukan kebijakan pendidikan  dan kebijakan publik.

0 komentar:

Posting Komentar